Terima Kasih Telah Mengirim Lamaran Berita KPU: Panwaslu-PPLN Sepakat Tak Ada Pencoblosan Lanjutan di Sydney Rabu 22 Mei 2019 Pada Situs Resmi Ke Perusahaan Diatas, Untuk Melihat Lowongan Kerja Via Email Maupun Secara Langsung Seperti, CPNS 2018, BUMN Lainnya, Silahakan Lihat Lowongan Kerja Lainnya Di Bawah Ini Untuk Lulusan SMK, SMA, D3, S1 Di Kawasan Industri Depnaker, Disnaker, Trans, Info, Gaji, Solo, Semarang di bawah ini.

Berita KPU: Panwaslu-PPLN Sepakat Tak Ada Pencoblosan Lanjutan di Sydney Rabu 22 Mei 2019

Home » Berita Hari Ini Rabu 22 Mei 2019 » Warta Berita Hari Ini » KPU: Panwaslu-PPLN Sepakat Tak Ada Pencoblosan Lanjutan di Sydney

Oleh : Sulastri Habeahan on pada Senin 22 April 2019, 21:26 WIB

Berita KPU: Panwaslu-PPLN Sepakat Tak Ada Pencoblosan Lanjutan di Sydney Rabu 22 Mei 2019Karer.ID: Berita KPU: Panwaslu-PPLN Sepakat Tak Ada Pencoblosan Lanjutan di Sydney Rabu 22 Mei 2019 - Jakarta - KPU menyebut Panwaslu dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sepakat tidak melakukan pemungutan suara lanjutan (PSL) di Sydney, Australia.

"Kalau di Sydney, informasi yang kita terima ada kesepakatan antara PPLN dan Panwas di Sydney untuk tidak perlu melakukan pemungutan suara berikutnya. Itu sudah ada kesepakatan," ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan kepada wartawan di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Kesepakatan tidak ada pemungutan suara lanjutan di Sydney, ditegaskan Wahyu, sudah berdasarkan kajian. Tapi Wahyu tidak menjelaskan secara terperinci soal kajian yang dimaksud.

"Jadi kalau kerumunan, kerumunan itu apakah kerumunan itu pemilih atau warga yang berkerumun, kan perlu kita dalami juga. Supaya apa? Supaya hak pilih itu betul-betul digunakan oleh orang yang memang berhak, kan begitu," ujarnya.






Bawaslu sebelumnya menyatakan ada prosedur yang tidak sesuai dalam pemungutan suara saat Pemilu 2019 di Sydney, Australia. Karena itu, Bawaslu memerintahkan pemungutan suara susulan untuk pemilih yang sudah terdaftar.

"Bawaslu menerima keterangan dari Panwaslu Sydney bahwa penutupan TPS dilakukan pukul 18.00 waktu setempat, sementara masih ada pemilih dalam keadaan antrean menggunakan hak pilih sehingga menyebabkan pemilih tidak bisa menggunakan hak pilih," kata anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar.






Penutupan TPS saat masih ada pemilih yang antre itu tidak sesuai dengan prosedur, tata cara, dan mekanisme yang sudah diatur. Oleh sebab itu, Bawaslu menerbitkan rekomendasi.

"Bawaslu merekomendasikan sebagai berikut, memerintahkan PPLN Sydney melalui KPU RI untuk melakukan pemungutan suara susulan di TPS bagi pemilih yang sudah mendaftarkan dirinya tapi belum dapat menggunakan hak pilihnya," ujar Fritz.
(fdn/fdn)
KPU: Panwaslu-PPLN Sepakat Tak Ada Pencoblosan Lanjutan di Sydney | Bang Naga | on Senin 22 April 2019, 21:26 WIB | Rating 4.5
« 1 2 3 4 5 »
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>