Terima Kasih Telah Mengirim Lamaran Berita Larangan Survei di Masa Tenang Dinilai Langgar Freedom of Speech Senin 20 Mei 2019 Pada Situs Resmi Ke Perusahaan Diatas, Untuk Melihat Lowongan Kerja Via Email Maupun Secara Langsung Seperti, CPNS 2018, BUMN Lainnya, Silahakan Lihat Lowongan Kerja Lainnya Di Bawah Ini Untuk Lulusan SMK, SMA, D3, S1 Di Kawasan Industri Depnaker, Disnaker, Trans, Info, Gaji, Solo, Semarang di bawah ini.

Berita Larangan Survei di Masa Tenang Dinilai Langgar Freedom of Speech Senin 20 Mei 2019

Home » Berita Hari Ini Senin 20 Mei 2019 » Warta Berita Hari Ini » Larangan Survei di Masa Tenang Dinilai Langgar Freedom of Speech

Oleh : Sulastri Habeahan on pada Jumat 15 Maret 2019, 16:06 WIB

Berita Larangan Survei di Masa Tenang Dinilai Langgar Freedom of Speech Senin 20 Mei 2019Karer.ID: Berita Larangan Survei di Masa Tenang Dinilai Langgar Freedom of Speech Senin 20 Mei 2019 - Jakarta - UU Pemilu melarang publikasi survei di masa tenang. Selain itu, hitung cepat juga dilarang sebelum 2 jam setelah TPS di Indonesia barat ditutup. Aturan itu digugat ke MK.

"Pasal a quo tidak hanya menghilangkan hak konstitusional Pemohon dalam mengeluarkan pendapat (freedom of speech), tetapi juga menghilangkan hak publik (rights to know) untuk mengetahui hasil sementara pemilu secara cepat," ujar kuasa pemohon dari Asosiasi Riset Opini Publik (Aropi), Veri Junaidi dalam berkas gugatan yang didaftarkan hari ini, Jumat (15/3/2019).

Aturan serupa juga pernah muncul di UU Pemilu sebelumnya dan telah dicoret MK. Yaitu pada tahun 2009 dan 2014. Anehnya, aturan itu kembali dihidupkan lagi di UU Pemilu 2018.

"Ketentuan a quo telah bertentangan dengan UUD 1945 serta telah mengabaikan putusan MK terdahulu secara berulang-ulang," ujar pemohon.

Menurut pemohon, masa tenang merupakan ruang bagi pemilih dalam menentukan pilihannya.

"Pemohon dalam kapasitasnya sebagai lembaga yang concern di bidang riset atau penelitian publik memberikan akses informasi yang dapat membantu 'pemilih' dalam memahami atau mengenal lebih jau calon pemimpinnya," pungkasnya.


Waspada! Begini Cara Deteksi Lembaga Survei Abal-Abal, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(asp/rvk)
Larangan Survei di Masa Tenang Dinilai Langgar Freedom of Speech | Bang Naga | on Jumat 15 Maret 2019, 16:06 WIB | Rating 4.5
« 1 »
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>