Terima Kasih Telah Mengirim Lamaran Berita Bawaslu Investigasi 15 Surat Suara Tercoblos di Mojokerto, Ini Hasilnya Sabtu 24 Agustus 2019 Pada Situs Resmi Ke Perusahaan Diatas, Untuk Melihat Lowongan Kerja Via Email Maupun Secara Langsung Seperti, CPNS 2018, BUMN Lainnya, Silahakan Lihat Lowongan Kerja Lainnya Di Bawah Ini Untuk Lulusan SMK, SMA, D3, S1 Di Kawasan Industri Depnaker, Disnaker, Trans, Info, Gaji, Solo, Semarang di bawah ini.

Berita Bawaslu Investigasi 15 Surat Suara Tercoblos di Mojokerto, Ini Hasilnya Sabtu 24 Agustus 2019

Home » Berita Hari Ini Sabtu 24 Agustus 2019 » Warta Berita Hari Ini » Bawaslu Investigasi 15 Surat Suara Tercoblos di Mojokerto, Ini Hasilnya

Oleh : Sulastri Habeahan on pada Senin 22 April 2019, 18:12 WIB

Berita Bawaslu Investigasi 15 Surat Suara Tercoblos di Mojokerto, Ini Hasilnya Sabtu 24 Agustus 2019Karer.ID: Berita Bawaslu Investigasi 15 Surat Suara Tercoblos di Mojokerto, Ini Hasilnya Sabtu 24 Agustus 2019 - Mojokerto - Sebanyak 15 lembar surat suara untuk Pilpres ditemukan dalam kondisi tercoblos sebelum digunakan di salah satu TPS di Kabupaten Mojokerto. Tak adanya saksi membuat pelaku pencoblosan surat suara ini tak bisa diungkap.

"Hasil investigasi kami, kami tidak menemukan saksi-saksi yang melihat langsung pelaku pencoblosan surat suara tersebut. Di gudang KPU saat sortir tidak ada CCTV. Saat di TPS jelas ada Pengawas TPS yang melihat langsung, tak ada aktivitas mencoblos surat suara sebelum digunakan pemilih," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto Aris Fakhruddin Asy'at saat dihubungi detikcom, Senin (22/4/2019).

15 surat suara tercoblos ditemukan di TPS 01, Desa Terusan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Jumlahnya mencapai 15 lembar. Seluruh surat suara yang tercoblos adalah untuk Pilpres. Sebagian besar tercoblos pada paslon nomor 01.

BACA JUGA: 15 Surat Suara Tercoblos Ditemukan di TPS Mojokerto

Aris menjelaskan, dari percetakan, seluruh surat suara masuk ke gudang KPU Kabupaten Mojokerto. Surat suara melalui proses sortir dan pengemasan ke dalam kotak suara. Selanjutnya, logistik pemilu dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan.

Baru pada H-1 pemungutan suara, yaitu 16 April 2019, logistik dikirim ke setiap desa. Dalam kondisi tersegel, kotak suara berisi surat suara dikirim ke setiap TPS 17 April 2019 subuh.

"Yang mengambil KPPS dikawal polisi dan Linmas. Saat sampai di TPS masih tersegel," terangnya.

Sebelum pemungutan suara dimulai, lanjut Aris, segel kotak suara dibuka disaksikan Pengawas TPS, para saksi dan unsur lainnya. Sebelum digunakan pun, surat suara dihitung oleh petugas KPPS. Menurut dia, jumlah surat suara sesuai dengan kebutuhan pemilih, yaitu DPT berjumlah 128 jiwa.


"Saat akan memilih dihitung lalu digelar di atas meja, kotaknya dipakai menampung surat suara yang dicoblos pemilih. Proses itu disaksikan semua unsur. Maka saat di TPS tidak ada celah untuk mencoblos surat suara tersebut," ungkapnya.

Belasan surat suara tersebut diduga kuat dicoblos saat proses sortir di gudang KPU. Dikonfirmasi terkait kemungkinan tersebut, Aris tak bisa memberikan kepastian. Dia berdalih tak mempunyai bukti.

Ditambah lagi, segel pada kotak suara telah rusak saat kotak dibuka. Sehingga KPU tak bisa mengidentifikasi petugas yang melakukan sortir surat suara untuk TPS 01 Desa Terusan.

"Segelnya sudah rusak saat kotak suara dibuka. Sekarang ini segelnya kalau dibuka mudah rusak. Sehingga tidak nampak datanya. Padahal dari catatan di segel itu bisa dilacak siapa yang melakukan sortir," jelasnya.


Oleh sebab itu, tambah Aris, proses investigasi kasus ini dihentikan. "Akan kami buatkan berita acara. Karena memang kami tak menemukan bukti maupun saksi," tandasnya.

Adanya surat suara tercoblos terungkap saat salah satu pemilih akan menggunakan surat suara untuk Pilpres di bilik suara TPS 01 Desa Terusan. Surat suara tersebut sudah tercoblos. Padahal belum digunakan.

Lalu petugas KPPS mengecek surat suara yang belum dicoblos. Hasilnya, total ditemukan 15 surat suara sudah tercoblos. Mayoritas coblosan pada paslon nomor 01, yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin. Sementara coblosan lainnya di luar gambar calon maupun partai pengusung.


Simak Juga 'Real Count KPU Pagi Ini: Jokowi-Amin 54,87%, Prabowo-Sandi 45,13%':

[Gambas:Video 20detik]


(bdh/bdh)
Bawaslu Investigasi 15 Surat Suara Tercoblos di Mojokerto, Ini Hasilnya | Bang Naga | on Senin 22 April 2019, 18:12 WIB | Rating 4.5
« 1 2 3 4 5 ... 7 »
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>