Terima Kasih Telah Mengirim Lamaran Berita Langgar Agung, Musala Tertua di Cirebon untuk Ritual Panjang Jimat Sabtu 25 Mei 2019 Pada Situs Resmi Ke Perusahaan Diatas, Untuk Melihat Lowongan Kerja Via Email Maupun Secara Langsung Seperti, CPNS 2018, BUMN Lainnya, Silahakan Lihat Lowongan Kerja Lainnya Di Bawah Ini Untuk Lulusan SMK, SMA, D3, S1 Di Kawasan Industri Depnaker, Disnaker, Trans, Info, Gaji, Solo, Semarang di bawah ini.

Berita Langgar Agung, Musala Tertua di Cirebon untuk Ritual Panjang Jimat Sabtu 25 Mei 2019

Home » Berita Hari Ini Sabtu 25 Mei 2019 » Warta Berita Hari Ini » Langgar Agung, Musala Tertua di Cirebon untuk Ritual Panjang Jimat

Oleh : Sulastri Habeahan on pada Kamis 16 Mei 2019, 04:39 WIB

Berita Langgar Agung, Musala Tertua di Cirebon untuk Ritual Panjang Jimat Sabtu 25 Mei 2019Karer.ID: Berita Langgar Agung, Musala Tertua di Cirebon untuk Ritual Panjang Jimat Sabtu 25 Mei 2019 - Cirebon - Langgar Agung yang berada di komplek Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan salah satu musala tertua di Cirebon. Musala yang berada di seberang museum pusaka keraton itu berdiri kokoh. Bahkan masih difungsikan.

Langgar Agung memiliki halaman yang luas. Lokasinya berada di seberang museum pusaka. Bedug Samogiri, bedug tua yang digunakan saat tradisi drugrag menjadi penanda lokasi Langgar Agung.

Bangunan Langgar Agung didominasi warna putih. Sementara kayu-kayunya berwarna coklat tua. Sedangkan keramiknya berwarna merah, menguatkan suasana sejuk.

Arsitektur bangunan Langgar Agung khas Jawa. Langgar Agung tak memiliki kubah. Di ruang utamanya terdapat enam tiang yang terbuat dari kayu. Menurut Wakil Kepala Bagian Benda dan Bangunan Cagar Budaya Keraton Kasepuhan Cirebon RM Hafidz mengatakan enam tiang kayu yang ada di ruang utama Langgar Agung salah satu bagian bangunan yang masih orisinil.

Langgar Agung, Bangunan Tua di Cirebon untuk Ritual Panjang JimatFoto: Sudirman Wamad
Secara kasat mata, enam tiang kayu itu terlihat masih kekar. Padahal Langar Agung dibangun pada era Wali Songo. "Saka (tiang) yang masih orisinil. Langgar itu dibangun sekitar tahun 1529, memang sudah pernah dipugar beberapa kali," kata Hafidz kepada detikcom, Rabu (15/5).

Hafidz mengatakan Langgar Agung difungsikan seperti musala pada umumnya. Langgar Agung awalnya difungsikan untuk keluarga keraton. Selain itu, dikatakan Hafidz, Langgar Agung difungsikan juga untuk acara panjang jimat, acara puncak maulid nabi di Keraton Kasepuhan Cirebon.

"Ya kalau panjang jimat itu masih menggunakan langgar. Baca kitab, doa bersama dan marhabanannya di langgar," ucap Hafidz.

Hafidz tak menceritakan secara rinci proses pembangunan langgar. Namun, Hafidz menjelaskan Langgar Agung sudah ada sejak era Walisongo. "Dibangun itu zamannya wali," katanya.
Langgar Agung, Bangunan Tua di Cirebon untuk Ritual Panjang JimatFoto: Sudirman Wamad

(bbn/ern)
Langgar Agung, Musala Tertua di Cirebon untuk Ritual Panjang Jimat | Bang Naga | on Kamis 16 Mei 2019, 04:39 WIB | Rating 4.5
« 1 »
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>