Terima Kasih Telah Mengirim Lamaran Berita Kuliner di Cirebon, Perhatikan Sertifikat Laik Sehat di Rumah Makan Senin 20 Mei 2019 Pada Situs Resmi Ke Perusahaan Diatas, Untuk Melihat Lowongan Kerja Via Email Maupun Secara Langsung Seperti, CPNS 2018, BUMN Lainnya, Silahakan Lihat Lowongan Kerja Lainnya Di Bawah Ini Untuk Lulusan SMK, SMA, D3, S1 Di Kawasan Industri Depnaker, Disnaker, Trans, Info, Gaji, Solo, Semarang di bawah ini.

Berita Kuliner di Cirebon, Perhatikan Sertifikat Laik Sehat di Rumah Makan Senin 20 Mei 2019

Home » Berita Hari Ini Senin 20 Mei 2019 » Warta Berita Hari Ini » Kuliner di Cirebon, Perhatikan Sertifikat Laik Sehat di Rumah Makan

Oleh : Sulastri Habeahan on pada Jumat 15 Maret 2019, 16:03 WIB

Berita Kuliner di Cirebon, Perhatikan Sertifikat Laik Sehat di Rumah Makan Senin 20 Mei 2019Karer.ID: Berita Kuliner di Cirebon, Perhatikan Sertifikat Laik Sehat di Rumah Makan Senin 20 Mei 2019 - Cirebon - Pertumbuhan bisnis rumah makan di Cirebon terbilang pesat. Namun banyak rumah makan yang belum memiliki sertifikat laik sehat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Cirebon Sri Laelan Erwani menjelaskan rumah makan di Cirebon sejatinya harus memiliki sertifikat laik sehat. Namun ada sejumlah tahapan dan kriteria bagi rumah makan yang ingin mendapatkan sertifikat laik sehat.

"Masih banyak yang belum ada sertifikatnya. Biasanya, bagi rumah makan yang sudah tersertifikat itu memasang sertifikatnya di sekitar pintu masuk," kata Laelan saat ditemui detikcom di kantornya di Jalan Kesambi Raya Kota Cirebon, Jawa Barat, Jumat (15/3/2019).

Karena masih banyak rumah makan yang belum tersertifikat, dikatakan Lealan, pihaknya gencar sosialisi, baik kepada masyarakat maupun pihak rumah makan.

"Masyarakat juga perlu tahu, agar bisa memilih rumah makan yang bersertifikat. Banyak juga rumah makan yang masih belum tergerak untuk mendapatkan sertifikat laik sehat," ucap Laelan.

Lebih lanjut, Laelan mengatakan biasanya rumah makan mengajukan untuk sertifikasi laik sehat setelah mengalami kejadian keracunan. "Kalau sudah keracunan, biasanya mengajukan ke kami. Kami tinjau dapurnya, kemudian membina rumah makan tersebut," katanya.

Dinkes menguji kandungan gizi, cara pengolahan makanan, penyimpanan bahan baku dan makanannya, penyajian, kondisi dapur dan sanitasi. Laelan mengatakan rumah makan yang tak memiliki sertifikat laik sehat rentan terserang penyakit.

"Risiko penyakitnya itu seperti tifus, diare dan penyakit menular lainnya. Banyak rumah makan yang di mal dapurnya tak seindah tempat makannya," kata Laelan.

Gerakan sertifikasi laik sehat tersebut, diakui Laelan, belum ditunjang dengan peraturan daerah. "Seharusnya perlu ada payung hukum terkait sertifikasi itu. Saat ini hanya langkah persuasif saja. Kami juga menggandeng dinas lainnya, untuk memasukan syarat adanya sertifikat laik sehat sebelum rumah makan itu beroperasi," kata Laelan.
(ern/ern)
Kuliner di Cirebon, Perhatikan Sertifikat Laik Sehat di Rumah Makan | Bang Naga | on Jumat 15 Maret 2019, 16:03 WIB | Rating 4.5
« 1 2 3 4 5 ... 24 »
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>