Lowongan Kerja Ingin Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham? Ketahui Berkas dan Dokumen yang Wajib Anda Siapkan! Juli 2024

Please Subscribe our channel
Lowongan Kerja Ingin Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham? Ketahui Berkas dan Dokumen yang Wajib Anda Siapkan!  Juli 2024

Lowongan Kerja Ingin Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham? Ketahui Berkas dan Dokumen yang Wajib Anda Siapkan! Juli 2024


Berkas dan Dokumen Penting untuk Sukses di Kemenkumham!

 
Ingin Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham? Ketahui Berkas dan Dokumen yang Wajib Anda Siapkan!
Info CASN Kemenkumham

Bila berencana ingin mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), ada beberapa persyaratan penting yang perlu diketahui. Dalam artikel ini, akan dibahas secara detail tentang berkas dan dokumen yang wajib Anda siapkan untuk proses pendaftaran. Dengan memahami persyaratan ini, Peserta dapat memastikan bahwa pendaftaran akan berjalan lancar.

Proses seleksi administrasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia merupakan tahap awal yang sangat penting bagi CPNS dan PPPK. Untuk memastikan para peserta berhasil melewati tahap ini, Masing masing perlu mempersiapkan dengan baik berkas dan dokumen yang wajib disertakan. 

Dilansir lowongankerja15 dari laman casn.kemenkumham.go.id, Berikut adalah daftar Berkas dan Dokumen persyaratan yang perlu dipersiapkan:

1. Surat Lamaran

Surat lamaran harus memenuhi beberapa kriteria penting:

  1. Surat lamaran harus disiapkan dalam format berwarna dan dapat dikerjakan menggunakan komputer atau ditulis tangan.
  2. Alamat tujuan surat lamaran harus ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jakarta.
  3. Surat lamaran harus dibubuhi e-meterai sebesar Rp 10.000,- yang dapat diperoleh di situs resmi e-meterai. (Link : https://e-meterai.co.id)
  4. Surat lamaran harus ditandatangani menggunakan pena bertinta hitam.
  5. Peserta dapat mengunduh format surat lamaran dari situs resmi Kemenkumham, namun ingatlah bahwa format ini tidak boleh diubah (Link : https://casn.kemenkumham.go.id)
  6. Pastikan alamat yang dicantumkan pada surat lamaran sesuai dengan alamat domisili Masing masing peserta.

2. Surat Pernyataan

Untuk surat pernyataan, Peserta juga perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Surat pernyataan harus di-scan dalam format berwarna.
  2. Sama seperti surat lamaran, surat pernyataan juga harus dibubuhi e-meterai sebesar Rp 10.000,- yang dapat diperoleh di situs resmi e-meterai. (Link : https://e-meterai.co.id)
  3. Tanda tangan pada surat pernyataan harus menggunakan pena bertinta hitam.
  4. Format surat pernyataan dapat diunduh dari situs resmi Kemenkumham, dan seperti surat lamaran, format ini tidak boleh diubah. (Link : https://casn.kemenkumham.go.id)
  5. Pastikan alamat yang dicantumkan pada surat pernyataan sesuai dengan alamat domisili pelamar.

3. e-KTP atau Surat Keterangan Perekamanan e-KTP

Peserta juga harus menyiapkan berkas berikut:

  1. Scan berwarna e-KTP atau Surat Keterangan Perekamanan e-KTP asli. Pastikan peserta menggunakan dokumen asli, bukan fotokopi legalisir.
  2. Jika tidak memiliki e-KTP, Peserta dapat menggunakan Surat Keterangan Perekamanan e-KTP yang dikeluarkan oleh Disdukcapil atau Kecamatan.
  3. Jika e-KTP Peserta hilang, wajib melampirkan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian dan Surat Keterangan Perekamanan e-KTP.
  4. Pelamar jabatan Penjaga Tahanan dengan kualifikasi pendidikan SLTA Sederajat harus memastikan bahwa provinsi domisili di e-KTP sesuai. Jika tidak sesuai dan ingin mendaftar pada provinsi lain, Peserta perlu membuat Surat Keterangan dari Kelurahan atau kantor desa setempat yang menyatakan bahwa Peserta telah berdomisili pada wilayah provinsi tersebut. Pastikan Surat Keterangan domisili Peserta digabungkan dengan file e-KTP.

4. Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir

Untuk dokumen ini:

  1. Scan berwarna Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir harus asli dari Disdukcapil (bukan surat dari bidan atau puskesmas).
  2. Jika Akta Kelahiran hilang, wajib melampirkan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian dan Surat Keterangan pembuatan ulang akta yang dikeluarkan Disdukcapil (ini diperlukan jika Anda diterima sebagai CPNS nantinya).
  3. Pastikan akta kelahiran atau surat keterangan lahir ini di-scan dengan baik.

5. Pas Foto dan Swafoto

Untuk pas foto:

  1. Pas foto harus berlatar belakang merah dan Peserta harus berpakaian rapi.
  2. Swafoto digunakan saat membuat akun dan harus diambil dengan latar belakang bebas. Pastikan wajah Peserta terlihat jelas dalam foto selfie.

6. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)

Persyaratan berbeda tergantung pada tingkat pendidikan Peserta:

SLTA:

  1. Scan berwarna Ijazah asli (tanpa legalisir).
  2. Scan berwarna Transkrip atau Daftar Nilai atau SKHUN asli.
  3. Pastikan ijazah dan transkrip diunggah pada kolom yang sesuai.
  4. Jika ijazah hilang, Peserta perlu menyertakan Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan, dan melampirkan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.

Non SLTA:

  1. Scan berwarna Ijazah asli (tanpa legalisir).
  2. Scan berwarna Transkrip atau Daftar Nilai asli.
  3. Kualifikasi pendidikan Sarjana Pendidikan dan Syariah tidak diterima.
  4. Ijazah harus dipindai bagian depan dan belakang.
  5. IPK minimal yang diterima adalah 2,75.
  6. Khusus untuk Pelamar Dokter, Perawat, dan Bidan, Peserta harus menyertakan Ijazah Profesi dengan Surat Tanda Registrasi (STR) asli yang masih berlaku (bukan STR internship). Ijazah dan transkrip juga harus diunggah sesuai dengan kolom yang sesuai.
  7. Jika ijazah hilang, Peserta perlu menyertakan Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang ditandatangani oleh Rektor dan melampirkan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.
  8. Wajib melampirkan tangkapan layar (screen capture) Direktori Hasil Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes yang memuat status akreditasi dan program studi Peserta. Informasi ini dapat ditemukan di situs resmi BAN-PT (Link : https://banpt.or.id) atau dalam Surat Akreditasi (asli) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Anda (bagi lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang pada ijazah atau transkrip tidak tercantum akreditasi). Pastikan akreditasi yang Anda lampirkan sesuai dengan tahun kelulusan Anda.

Lulusan Non SLTA Lulusan Terbaik (cumlaude) wajib menyertakan:

  • Bagi lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, ijazah atau transkrip nilai harus mencantumkan keterangan atau tulisan cumlaude atau dengan pujian. Jika tidak ada keterangan tersebut pada ijazah atau transkrip, Peserta perlu mencantumkan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh Dekan atau Pembantu Dekan bahwa Anda lulus cumlaude.

7. Formasi Disabilitas

Bagi pelamar dengan kebutuhan disabilitas, berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Pelamar formasi kebutuhan disabilitas harus mengunggah Surat Keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah yang menjelaskan jenis dan tingkat/derajat kedisabilitasan Pelamar.
  2. Pelamar kebutuhan khusus penyandang disabilitas wajib mengunggah video singkat yang menunjukkan aktivitas sehari-hari Pelamar sesuai dengan jabatan yang akan dilamar. Video ini harus memperlihatkan kondisi fisik Pelamar secara visual. Dokumen video ini diunggah melalui akun YouTube masing-masing Pelamar dan tautan (link) video tersebut disampaikan pada akun pendaftaran SSC-ASN Pelamar.

8. Formasi Putra/i Papua/Papua Barat

  • Bagi peserta asli Papua/Papua Barat, Peserta perlu melampirkan Surat Keterangan asli dari Kelurahan, Kepala Desa, atau Kepala Suku yang menyatakan bahwa Anda asli dari Papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak dan/atau ibu) asli dari Papua/Papua Barat.

9. Kartu Keluarga

  • Kartu Keluarga diperlukan untuk pendaftaran Akun SSC-ASN .

10. Berbeda Nama Sekolah

  • Jika Peserta memiliki perubahan nama sekolah (contoh: SLTA Alfa menjadi SLTA Delta), Peserta perlu menyertakan Surat Keterangan Berganti Nama Sekolah dari Dinas Pendidikan setempat yang ditandatangani oleh Pejabat Berwenang.

11. Surat Keterangan Sehat

  • Jika Peserta menghadapi kesulitan dalam mendapatkan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah atau PUSKESMAS,Peserta dapat meminta Surat Keterangan Sehat dari Klinik Umum. Pastikan bahwa Surat Keterangan Sehat ini mencantumkan tinggi dan berat badan Anda, terutama untuk pelamar dengan Formasi SLTA Sederajat.

12. Nama Lengkap Tidak Sesuai dengan eKTP dengan Ijazah

  • Jika nama lengkap Peserta tidak sesuai dengan eKTP dan ijazah Anda, Peserta perlu menyertakan Surat Keterangan berbeda nama dari Disdukcapil setempat yang ditandatangani oleh Pejabat Berwenang.

13. Surat Tanda Registrasi (STR)

  • Pastikan bahwa Surat Tanda Registrasi (STR) Peserta dikeluarkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) STR Profesi atau Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Ingatlah bahwa STR yang dikeluarkan bukanlah STR Internship.

Pahami dengan baik persyaratan yang berlaku dan pastikan Peserta mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan. Dengan mempersiapkan berkas dan dokumen ini secara teliti, Maka akan meningkatkan peluang untuk lulus seleksi administrasi di Kemenkumham. Semoga sukses dalam perjalanan menuju menjadi CPNS atau PPPK di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia!

Cek Berita dan Artikel mengenai Informasi CPNS Kemenkumham di Telegram dan Google News 

Sumber : casn.kemenkumham.go.id

Karer.ID
Karer.ID Karer.ID Adalah Situs Penyedia Informasi Terpercaya di Indonesia dan Sudah Berpengalaman Selama 11 Tahun dalam Memberikan Info Loker BUMN, BUMD, CPNS, dan Swasta secara terupdate ke semua Pembacanya

Apply Now!!!
Update:
Akses Situs Ini Lebih Cepat Tanpa Iklan Dengan Menginstall APP Android Karer.ID pada Smartphonemu. Klik Disini Untuk Menginstall


DOWNLOAD APP




Demikian Lowongan Kerja Ingin Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham? Ketahui Berkas dan Dokumen yang Wajib Anda Siapkan! Juli 2024 Kami Persembahkan. Semoga Lowongan Kerja Ingin Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham? Ketahui Berkas dan Dokumen yang Wajib Anda Siapkan! Juli 2024 Bermanfaat Untuk anda sekalian.

Relevan keyword google.co.id terkait Lowongan Kerja Ingin Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham? Ketahui Berkas dan Dokumen yang Wajib Anda Siapkan! Juli 2024:





Setelah melakukan pendaftaran Lowongan Kerja Ingin Lulus Seleksi Administrasi Kemenkumham? Ketahui Berkas dan Dokumen yang Wajib Anda Siapkan! Juli 2024 sesuai dengan tata cara yang dijelaskan diatas kami sebagai redaksi berharap semoga anda dapat lolos seleksi penerimaan dan pada akhirnya menjadi salah satu pegawai diperusahaan atau instansi yang dimaksud. Tidak ada ucapan dan pembalasan yang kami harapkan dari anda selain bantuan saudara untuk dapat meneruskan informasi lowongan pekerjaan ini via tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini, karena dengan hal sederhana tersebut sekecil informasi yang anda sampaikan atau anda sebarkan dapat menjadi informasi yang tak ternilai harganya bagi orang lain yang sedang membutuhkan pekerjaan yang kebetulan sesuai dengan lowongan kerja diatas ini. Sumber informasi lowongan kerja diatas secara gratis kami peroleh dari sumber yang terpercaya sehingga kami persilahkan bagi anda yang merasa ingin untuk menyalin dan menyebarkan informasi ini, sebagai bentuk rasa terima kasih atas usaha kami ini alangkah baiknya untuk mencantumkan sumber alamat situs ini http://karer.id sebagai bagian dari artikel yang anda buat karena hal tersebut membantu kami untuk terus berkarya menyajikan update lowongan kerja terbaru untuk menjadikan situs ini rujukan nomor satu para pencari kerja di Indonesia Terutama Di Sumatera Utara dan membantu para jobseeker atau pencari kerja menemukan pekerjaan impian mereka.
  • Lowongan Kerja BUMN Bank BRI Besar Besaran D3 S1 Semua Jurusan Juli 2024, Ini Link Pendaftarannya!
  • Lowongan Kerja Non ASN BLUD RSUD Kota Bandung Juli 2024, Begini Cara Lamarnya!
  • Bank Muamalat Indonesia buka Lowongan Kerja Teller Untuk D3 S1 Juli 2024, Ini Persyaratannya
  • Lowongan Kerja PT Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra10) Juli 2024 Untuk SMA SMK D3 S1, Begini Cara Lamarnya!
  • Lowongan Kerja SMA SMK di PT ITCI Hutani Manunggal Sebagai Mandor Trainee Juli 2024
  • Rekrutmen PT Bina Sarana Sukses Untuk SMA SMK D3 S1 Besar Besaran Juli 2024
  • Lowongan Kerja BUMN Kriya Bank Mandiri Untuk SMA SMK D3 S1 Sederajat Juli 2024, Begini Cara Lamarnya!
  • PT Miniso Lifestyle Trading Indonesia Buka Lowongan Kerja SMA SMK Sederajat Besar Besaran Juli 2024
  • Komnas Perempuan Buka Lowongan Kerja Terbaru Bulan Juli 2024, Simak Persyaratannya!
  • Raffi Ahmad Buka Lowongan Kerja Terbaru di Rans Food Juli 2024, Begini Cara Lamarnya!
  • Lowongan Kerja BUMN PT Pelni (Persero) Terbaru Bulan Juli 2024, Ada 3 Posisi Menarik!
  • PT Halmahera Jaya Feronikel (Harita Group) buka Lowongan Kerja SMA SMK Juli 2024
  • Lowongan Kerja Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia Juli 2024, Begini Cara Melamarnya!
  • Lowongan Kerja Terbaru PT Mayora Indah Tbk Juli 2024, Ayo Lamar disini!
  • Industri Makanan dan Minuman, PT Kaldu Sari Nabati Indonesia Buka Lowongan Kerja Terbaru Juli 2024
  • PT Wilmar Nabati Indonesia Membuka Lowongan Kerja D3/S1 Terbaru Juli 2024, Tersedia 19 Posisi Menarik!
  • Lowongan Kerja Terbaru PT Pesta Pora Abadi (Mie Gacoan) Juli 2024 Untuk SMA SMK Sederajat, Ini Cara Lamarnya!
  • Lowongan Kerja PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company Tbk Untuk SMA SMK D3 S1 Juli 2024
  • Maskapai Penerbangan, PT Lion Air Buka Lowongan Kerja Terbaru Lulusan SMA SMK Juli 2024!
  • Lowongan Kerja BUMN PT Len Telekomunikasi Indonesia Juli 2024, Ini Cara Lamarnya!
  • Lowongan Kerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kemenkeu Untuk SMA SMK Sederajat, Ini Cara Lamarnya!
  • Lowongan Kerja Indomaret untuk D3 S1 Besar Besaran Juli 2024, Ini Cara Melamarnya!
  • Lowongan Kerja Terbaru PT ASI Pujiastuti Aviation (Susi Air) Untuk SMA SMK D3 S1 Juli 2024, Ini Cara Lamarnya!
  • Lowongan Kerja SMA SMK Sederajat PT Bali Towerindo Sentra Tbk Terbaru Juli 2024, Begini Cara Lamarnya!
  • Lowongan Kerja Terbaru PT Lambang Azas Mulia Juli 2024, Untuk Pendidikan minimal SMA SMK D3/S1
  • TNI Angkatan Laut Buka Lowongan Kerja Untuk SMA SMK Sebagai Calon Bintara Tahun 2024, Begini Cara Lamarnya!
  • Lowongan Kerja Bank BCA Terbaru, Management Development Program (MDP) Juli 2024, Ini Persyaratannya!
  • Lowongan Kerja BUMN PT Pertamina Marine Solutions Untuk SMA SMK Juli 2024, Ayo Lamar disini!
  • Ditjen Dukcapil Kemendagri Buka Lowongan Kerja Terbaru Juli 2024, Ini Posisi dan Cara Lamarnya!
  • Oppo Buka Lowongan Kerja Terbaru Lulusan SMA SMK Sederajat, Begini Cara Melamarnya!
  • Selengkapnya>>
    Selengkapnya>>
    Selengkapnya>>